Sejarah

SEJARAH
BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA TASIKMALAYA

Sebelum Pemerintah Kota Tasikmalaya terbentuk, sejak tanggal 3 November 1976 telah terbentuk Kota Administratif Tasikmalaya yang meliputi 3 (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Cihideung, Kecamatan Tawang dan Kecamatan Cipedes. Dalam pelaksanaan pemungutan pendapatan di wilayah Kotip Tasikmalaya dibentuk Cabang Dinas Perpajakan dan Pendapatan Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan Keputusan Bupati Tasikmalaya No. SK.B.1/Peg./163-Sek/Str-Org/Paj/72 Tentang Pembentukan Dinas Perpajakan dan Pendapatan Kabupaten Tasikmalaya (Disahkan dengan Keputusan Gubernur Propinsi Jawa Barat tanggal 2 Maret 1973, No 78/A-V/18/Perund/sk/1973).
Kewenangan Cabang Dinas Perpajakan dan Pendapatan Kabupaten Tasikmalaya melakukan pemungutan terhadap Pajak daerah, Retribusi Daerah dan Sumbangan Pihak Ke-3 dengan rincian sebagai berikut:
• Pajak Daerah terdiri atas:

  1. Pajak Hotel;
  2. Pajak Restoran;
  3. Pajak Reklame;
  4. Pajak Air Bawah Tanah.
    • Retribusi Daerah terdiri atas:
  5. Retribusi Angkutan Sampah;
  6. Retribusi Pemakaman;
  7. Retribusi Parkir Kendaraan Bermotor;
  8. Retribusi Retribusi Sewa Tanah;
  9. Retribusi Penyedotan Kakus;
  10. Retribusi Sempadan(IMB);
  11. Retribusi IMB Pemutihan;
  12. Retribusi Advice Planing;
  13. Retribusi ljin Gangguan.
    • Sumbangan Pihak Ke-3 adalah Sumbangan yang bersifat sukarela yang besaran/nilainya tidak ditentukan oleh Pemerintah Daerah.
    Selanjutnya Berdasarkan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2001 Tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya Tanggal 17 Oktober 2001 maka Pemerintah Daerah membentuk Kantor Pendapatan Kota Tasikmalaya yang saat itu dipimpin oleh Drs.Maman Msi sebagai Kepala Kantor pertama berdasarkan Surat Keputusan Pj Walikota Tasikmalaya Nomor 1 dengan karyawan sebagian besar berasal dari karyawan Cabang Dinas Perpajakan dan Pendapatan Kabupaten Tasikmalaya. Selanjutnya menghadapi tuntutan dan tantangan dalam rangka penggalian pendapatan bagi Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya yang baru terbentuk, Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 15 Tahun 2003 tanggal 21 Oktober 2003 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi Dinas Kota Tasikmalaya, Kantor pendapatan Kota Tasikmalaya ditingkatkan statusnya menjadi Dinas dimana resminya secara definitif ditetapkan pada tanggal 27 Pebruari 2004 dengan dilantiknya Kepala Dinas (eselon II) dengan Perangkat di bawahnya.