Cek Tagihan dan Status Pembayaran PBB di HP Android dengan iPBB

Kini dengan menggunakan Aplikasi iPBB anda dapat mengetahui jumlah tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), atau jika anda lupa apakah sudah bayar atau belum, anda dapat dengan mudah mengecek status pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dimana saja anda berada melalui HP Android.

Caranya mudah :

  1. Download Aplikasi iPBB di Play Sotre atau Google Play

2. Setelah aplikasi iPBB terinstal, lalu buka aplikasinya dengan mengklik ikon info PBB sehingga akan muncul gambar seperti berikut :

3. Lalu anda masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) yang tertera di SPPT PBB dan tahun pajak yang dikehendaki secara lengkap tanpa titik dan spasi dengan dengan diberi tanda “#” diantara NOP dan Tahun, seperti gambar berikut :

4. Setelah memasukan NOP dan Tahun maka akan muncul data informasi tagihan PBB anda mulai dari wilayah, NOP, Tahun Pajak, Alamat, Luas Bumi, Luas Bangunan, Jumlah pajak terhutang,
Jumlah pajak yang sudah dibayar, Tanggal Bayar dan Sisa Pajak yang belum dibayar, seperti hambar berikut :


Demikianlah tata cara mengecek Tagihan dan Status Pembayaran PBB di HP Android dengan Aplikasi iPBB, semoga dapat mempermudah dalam pembayaran Pajak, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Untuk Mendownload Aplikasi iPBB Silahkan Klik Disini!!!

2 tanggapan untuk “Cek Tagihan dan Status Pembayaran PBB di HP Android dengan iPBB

  • 1 Maret 2019 pada 8:48 am
    Permalink

    Selamat Pagi. Saya Ingin bertanya tetang NOP PBB yang saya punya hanya data PBB tahun 1985 nah dari tahun itu sampai sekarang saya tidak punya lagi datanya karna yang membayar PBB adalah orang yang mengkontrak Pabrik. Namun si pengkontak tidak mau memberikan data PBB yang sudah dibayarkan nya kepada saya sebagai pemilik sedangkan saya mau balik nama Sertifikat bukannya harus ada data PBB yang sudah dibayar?
    Pertanyaan saya
    1.Apakah dengan NOP PBB tahun lama tsb saya dapat mengecek status PBB tersebut ataukah sudah ada pergantian untuk NOP nya?
    2. Apakah di daerah tasikmalaya sudah dibagi / sudah dipecah wilayah kah untuk PBB nya (menjadi kota & kabupaten) wilayah pertanahan saya didaerah Cikatomas.
    3. Klo saya mo mencek NOP PBB saya secara online bisakah? karna tuk daerah Jkt & Tangerang saya bisa mendapatkan data akurat secara online.
    Mohon bantuannya. Terima kasih,

    Balas
    • 25 Maret 2019 pada 4:49 pm
      Permalink

      Selamat Pagi kembali,
      1. Untuk NOP PBB tahun 1985 akan berbeda dengan NOP PBB tahun sekarang dikarenakan adanya pemutihan dan pendataan ulang objek pajak, serta adanya perubahan kode wilayah kota/kabupaten.
      2. Perlu diketahui bahwa sejak tanggal 17 Oktober 2001 Wilayah Tasikmalaya, telah terbagi menjadi dua, yaitu Pemeirntah Kota Tasikmalaya dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, terkait SPPT PBB didaerah Cikatomas itu termasuk di wilayah Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, untuk lebih jelasnya silahkan ibu menghubungi Kantor Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Tasikmalaya.
      3. Melalui i-PBB untuk wilayah Kota Tasikmalaya sudah dapat mengecek NOP PBB secara online, adapun data yang dapat dilihat adalah terdiri data objek pajak, data wajib pajak, data besaran pajak serta status pembayaran pajaknya apakah masih tertunggak atau sudah lunas.
      Semoga informasi ini dapat membantu, terima kasih.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *